Banjir Bandang Terjang Dusun 2 Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir Haranggaol Horisan Simalungun 28 KK Mengungsi

Beritamega4d.com - Banjir bandang melanda Dusun 2 Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu 20 Desember 2023, sekitar pukul 17.00 WIB.

Beritamega4d.com – Banjir bandang melanda Dusun 2 Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu 20 Desember 2023, sekitar pukul 17.00 WIB.

Kejadian ini disebabkan oleh jebolnya bendungan air di Sitalasari, Kelurahan Tiga Runggu, yang menyebabkan aliran banjir membawa material berupa batu, tanah, kayu, dan lumpur.

Menurut Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung, yang diwakili oleh Kapolsek Purba, AKP Marolop, dua unit rumah semi permanen milik Joel Haoho dan Ramatio Sitio ikut terdampak, bersama dengan hanyutnya ternak dan kerusakan pada 20-an makam pribadi.

Meskipun demikian, data sementara menunjukkan bahwa 28 kepala keluarga yang terkena dampak banjir telah mengungsi di rumah Pangulu Nagori Purba Pasir, dan beruntungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Tidak hanya itu, jalan umum yang menghubungkan Kecamatan Haranggaol dengan Tiga Ras, Kecamatan Pematang Sidamanik, mengalami putus total akibat bencana ini.

Kepolisian bekerja sama dengan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun dan Tim Satuan Tugas Penanganan Bencana Alam segera membentuk posko untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang terdampak.

Upaya penanggulangan bencana dilaksanakan pada Kamis 21 Desember 2023, dengan fokus pada pembersihan material banjir dan pendataan kerugian material yang dialami oleh masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *