Heboh Busa Selimuti Sungai di Cianjur

Busa yang mencemari sungai di Cianjur

Cianjur – Busa setinggi 2 meter menyelimuti sungai di Gang Merpati 3, Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianju. Diduga busa tersebut bersumber dari limbah sabun yang dibuang orang tidak bertanggungjawab.

Zamzam (21), warga Gang Merpati, mengatakan kemunculan busa yang menutupi permukaan sungai itu terjadi pada pukul 15.00 Wib. Kumpulan busa tiba-tiba datang dan semakin banyak di bagian air cekungan.

“Dari arah atas (hulu sungai) tiba-tiba muncul busa. Kemudian bertambah banyak saat terkena cekungan air,” ujar Zamzam, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Asal-Usul Limbah Busa Cemari Kali di Depok Diselidiki

Menurutnya ketinggian busa bahkan mencapai 2 meter dari atas perkiraan sungai. “Busanya tinggi. Sekitar 2 meter. Karena sampai ke bagian tembok rumah saya di samping sungai,” ucap dia

Menurut dia busa tersebut menghilang sejam kemudian. “Awalnya diam tidak mau gerak busanya, tidak terbawa arus sungai sampai saya buang dan coba dorong biar ikut ngalir, baru setelahnya hilang. Sekitar jam 16.00 Wib lebih baru hilang. Tapi ini juga masih ada sisa-sisa busa yang tersangkut,” kata dia.

Dia menyebut busa tersebut diduga berasal dari limpah sabun dari salah satu pertokoan di hulu sungai.

“Sepertinya limbah sabun. Karena ada bau sabun. Tapi untuk pastinya deterjen atau bukan saya belum tahu. Dan darimananya juga tidak tahu. Kemungkinan dari pertokoan di hulu sungai,” Ical dia.

Baca juga: Gencatan Senjata Diperpanjang, Hamas: Kami Ingin Mengakhiri Perang

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur Ahmad Rifa’i, mengatakan pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mengecek ke lokasi kemunculan busa di aliran sungai.

“Petugas DLH sudah ada yang cek ke lokasi. Masi dicari tahun penyebab busa, apakah limbah rumah tangga atau limbah lain, dan sumbernya darimana. Kalau ada pencemaran lingkungan, pasti kami tindak,” pungkasnya.

Baca Juga:

Mix Parlay

Mix Parlay

Mix Parlay

Mix Parlay

Mix Parlay

Slot Mahjong

Scatter Hitam

Scatter Hitam

Slot Gacor

Slot Pulsa

Slot Pulsa

Slot Pulsa

Slot Pulsa

Toto Slot

Mix Parlay

Mix Parlay

Mix Parlay

Mix Parlay

Slot Thailand

Slot Thailand

Slot Thailand

Slot Mahjong

Mix Parlay

Slot Dana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *