Maskapai Pakistan Sarankan Krunya Tak Puasa Selama Terbang

Beritamega4d.com
Rabu, 13 Mar 2024 23:05 WIB

Maskapai Pakistan Sarankan Krunya Tak Puasa Selama Terbang

Islamabad – Pakistan International Airlines (PIA) menyarankan awak kabinnya untuk tidak berpuasa selama penerbangan Ramadan. Mereka mengeluarkan surat edaran demi faktor keselamatan.

Dilansir dari Tribune Express, Rabu (13/3/2024) arahan tak berpuasa ini datang dari manajer departemen keselamatan penerbangan di PIA. Mereka mengirimkan surat edaran kepada seluruh awak kabin yang menguraikan pedoman mengenai puasa selama penerbangan.

Surat edaran tersebut menekankan bahwa meskipun terbang sambil berpuasa secara teknis memungkinkan, namun hal ini menimbulkan unsur risiko karena dapat mengurangi batas keselamatan, sesuai dengan manajemen keselamatan perusahaan dan pusat medis awak pesawat.

Dikatakan, bahwa puasa berpotensi menurunkan kewaspadaan dan mengganggu kemampuan pengambilan keputusan, yang dapat menimbulkan konsekuensi serius dalam situasi darurat. Mereka menyadari bahwa puasa adalah ibadah yang dihormati dalam Islam, namun puasa dapat mengganggu rutinitas normal dan dapat menyebabkan perubahan fisiologis seperti hipoglikemia dan dehidrasi, yang dapat mempengaruhi konsentrasi, kemampuan mengambil keputusan, dan refleks.

Maskapai mengakui pentingnya puasa bagi agama, surat tersebut menekankan bahwa pengecualian diberikan untuk berpuasa selama perjalanan.

Hal ini menggarisbawahi tanggung jawab awak kokpit dan kabin tidak hanya terhadap diri mereka sendiri tetapi juga terhadap penumpang dan staf darat. Serta menekankan bahwa berpuasa saat bertugas dapat menimbulkan risiko tidak hanya bagi keselamatan mereka sendiri tetapi juga bagi orang lain.

Secara eksplisit, surat ini semua anggota kokpit dan awak kabin yang berpuasa untuk tidak melakukan penerbangan. Dan menggarisbawahi bahwa pengecualian diri tidak dapat diklaim bahkan berdasarkan undang-undang negara bagian. Ini menekankan kepatuhan terhadap aturan dan peraturan untuk menjamin keselamatan penumpang dan awak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *