PDIP Ingin Jadi Oposisi, Gibran: Monggo

Beritamega4d.com
Selasa, 20 Feb 2024 03 :13 WIB

Bali – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka buka suara soal PDIP yang ingin menjadi oposisi jika Prabowo-Gibran menang di Pilpres 2024. Gibran mempersilakan PDIP mengambil posisi di luar pemerintahan.

“Ya itu, monggo (silakan),” kata Gibran setelah mengikuti acara Tingalan Jumenengan Kanjeng Gusti Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X di Solo, Senin (19/2/2024), dikutip dari beritamega4d.


Gibran menegaskan pihaknya akan tetap berkomunikasi dengan semua pihak, parpol pendukung paslon 1 dan 3.

“Ya kalau saya sih selalu menjalin komunikasi dengan semua, dan kemarin Pak Prabowo sudah bertemu dengan kiai, habaib, dan tokoh-tokoh,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyinggung soal partainya pernah menjadi oposisi pada era pemerintahan Presiden SBY. Peluang itu bisa saja terjadi kali ini jika Prabowo-Gibran menang.

“Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” kata Hasto dalam keterangan tertulis, Kamis (15/2/2024).

Hasto lantas menyinggung dugaan kecurangan pada Pemilu 2009. Mulai dari manipulasi daftar pemilih tetap (DPT) hingga pemilih di luar negeri yang tak bisa menggunakan hak pilihnya karena faktor administratif.

“Kecurangan dari hulu ke hilir memang benar terjadi. Hanya saja kami berhadapan dengan dua hal. Pertama, pihak yang ingin menjadikan demokrasi ini sebagai kedaulatan rakyat tanpa intervensi manapun. Kemudian, pihak yang karena ambisi kekuasaan dan ini diawali dari rekayasa hukum di Mahkamah Konstitusi,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *